Riwayat Logo Google, Transformasi dari Masa ke Masa

Riwayat Logo Google, Transformasi dari Masa ke Masa


Google Inc. merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang".

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerjasama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook.

Pada hari ini Google resmi mengganti logo mereka. Dalam mengenang kembali perkembangan Google hingga tumbuh menjadi perusahaan teknologi raksasa sekarang ini. Ada banyak hal dilalui oleh pendirinya Larry Page dan Sergey Brin termasuk bergantinya logo Google beberapa kali sejak sekitar 18 tahun yang lalu. 

Google menuturkan logo baru ini dengan aneka variasinya bakal tampak makin baik di beberapa ukuran perangkat komunikasi mobile. Pergantian logo diumumkan saat Google bersama-sama beberapa divisi lain saat ini berada dibawah perusahan barunya yang dinamakan Alphabet. Dengan adanya versi logo terbaru ini google dapat memberikan yang terbaik untuk para pengguna dalam mencari informasi yang lebih akurat dan tepat. Terhitung logo mesin pencari ini telah berganti gaya dan penampilan sebanyak tujuh kali. Berikut transformasi logo Google dari masa ke masa:

1. 1998 

Larry Page dan Sergey Brin menggunakan logo ini sebagai proyek kelulusan mereka di Universitas Stanford.


2. 1998 (30 Agustus)

Tim menghadiri festival Burning Man dan membuat Doodle pertama yang digunakan sebagai pesan bahwa ia sedang tidak di kantor.


3. 1998 (September)

Google menjadi google.com dan berbagi rilis beta dengan dunia.


4. 1999 (Mei)

Logo tampak lebih mutakhir dengan rupa huruf Catull yang tetap ceria.


5. 2010 (Mei)

Logo tampak semakin terang dan penggunaan bayangan jatuh dikurangi.


6. 2013 (September)

Logo tampak datar dengan sedikit penyesuaian tipografi.


7. 2015 (September)

Logo ini menjadi bagian dari keluarga baru yang mencakup titik-titik Google dan ikon 'G'.

Sumber: Wikipedia.com, google.com

2 Komentar

  1. Baru tau saya kang, kang ridho masih ngeblog juga ternyata.. haha, lama gak kongkow bareng di cyber kang! kangen saya.. b-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, iya nih kang, walau jarang posting, nyempetin aja buat share2 di blog ini. :)
      hayu kongkow2 di cyberspace lagi kang rian. hehe.. (c)

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama