Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Memori External (Galaxy Young)

Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Memori External (Galaxy Young)

Salah satu kendala yang dirasakan oleh pengguna Android bermemori "kecil" seperti Galaxy Young adalah terbatasnya dalam menginstall aplikasi karena kecilnya memori internal yang diusung oleh ponsel tersebut.

Sebelumnya saya pernah mendengar istilah "Root".  Root Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri.

Namun setelah saya browsing dan utak-atik kembali, saya berhasil memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal tanpa harus Root dulu.

adapun cara untuk melakukan proses ini sebagai berikut:

1.) Pastikan PC anda telah terinstall Samsung Kies. Jika belum, silahkan download Samsung Kies di sini.

2.) Pada ponsel Android anda, silahkan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Perkembangan > lalu centang Mendebug USB.

3.) Download Move to SD kemudian ekstrak pada komputer Anda.

4.) Dalam keadaan Samsung Kies dibuka, hubungkan ponsel anda ke PC dengan kabel USB dan tunggu sampai ponsel Anda terhubung dengan Samsung Kies.

5.) Pada folder Move to SD yang telah diekstrak, klik file "adb" kemudian jalankan file “Enable Move to SD.bat”

6) Kini aplikasi Anda dapat dipindahkan dari memori internal ke eksternal dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian Move to SD Card untuk memindahkan aplikasi tersebut ke SD Card Android Anda. Jika belum bisa, restartlah terlebih dahulu ponsel anda.

Begitulah cara untuk memindahkan aplikasi Android dari memori internal kedalam memori eksternal. Namun perlu dicatat, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan kedalam memori eksternal, karena ada beberapa aplikasi yang harus tersimpan di memori internal.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama